in ,

Songsong Pilkada 2024, Liga Jakarta Akan Jaring Nama-Nama Cagub

Koordinator Liga Jakarta, M. Syaiful Jihad. Dokumentasi pribadi
Koordinator Liga Jakarta, M. Syaiful Jihad. Dokumentasi pribadi

Kahminasional.com, Jakarta – Lintas Generasi Aktivis (Liga) Jakarta bakal menjaring nama-nama calon gubernur untuk diusung pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024.

Langkah tersebut dilakukan guna memastikan kepala daerah selanjutnya dapat meneruskan keberhasilan Gubernur Anies Baswedan.

“Kami akan menjaring aspirasi masyarakat Jakarta [soal] siapa yang layak menggantikan Anies pada Pilgub (Pemilihan Gubernur) DKI 2024,” ucap Koordinator Liga Jakarta, M. Syaiful Jihad, dalam keterangan tertulisnya kepada Kahminasional.com, Selasa (4/1).

Sekalipun kontestasi masih dua tahun lagi, menurutnya, penjaringan mesti dilakukan sejak dini. Alasannya, warga Jakarta tergolong pemilih rasional sehingga tidak bisa ujuk-ujuk menyodorkan nama calon gubernur (cagub).

Mantan Ketua Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MW KAHMI) Jaya ini lalu mencontohkan dengan beberapa nama yang sempat disampaikan politikus Partai Gerindra, Mohamad Taufik.

Baca Juga :  Pemerintah Diharapkan Kembangkan Industri Pupuk Organik

Nama-nama itu adalah mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany; Wakil Gubernur DKI Jakarta yang juga Koordinator Presidium Majelis Nasional (MN) KAHMI, Ahmad Riza Patria; dan Menteri Investasi/Kepala BKPM sekaligus alumnus HMI, Bahlil Lahadalia.

“Nama-nama ini sangat potensial, tapi kami tetap akan melakukan penjaringan kepada tokoh-tokoh yang memiliki kompetensi jadi gubernur,” jelasnya.

“Waktu dua tahun waktu yang singkat. Kami akan lakukan ini untuk memudahkan warga Jakarta memilih cagub,” sambungnya.

Syaiful melanjutkan, nama-nama yang berkembang bisa dijadikan pertimbangan bagi partai politik untuk mengusungnya. Pun dengan yang disampaikan kepada rakyat untuk diusung melalui jalur independen.

“Saat ini, kami sedang menyusun mekanisme proses penjaringan. Nama-nama cagub akan kami sampaikan ke 267 kelurahan di Jakarta,” ujarnya.

Baca Juga :  Rusia dan Ukraina Perang, Warganet Perlu Ingat 3 Hal Ini

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.