in ,

Rapimnas KAHMI bahas strategi percepatan pembangunan Indonesia Emas 2045

Rapimnas I KAHMI di Jakarta, Sabtu (30/3/2024). KAHMINasional.com
Rapimnas I KAHMI di Jakarta, Sabtu (30/3/2024). KAHMINasional.com

Jakarta, KAHMINasional.com – Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) mengadakan Rapat Pimpinan Nasional (rapimnas) I di Jakarta, Sabtu (30/3), dengan agenda menyusun strategi percepatan pembangunan Indonesia Emas 2045. Hasil forum tersebut diharapkan menjadi acuan dan masukan bagi pemerintah dan keluarga besar alumni HMI.

Koordinator Presidium Majelis Nasional (MN) KAHMI, Ahmad Doli Kurnia, mengatakan, Indonesia baru saja menggelar Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Menurutnya, seluruh tahapan “pesta demokrasi” berjalan lancar dan masyarakat kini tengah menunggu hasil final usai putusan Mahkamah Konsitusi (MK).

Ia melanjutkan, banyak anggota KAHMI yang terlibat aktif, baik sebagai kontestan maupun pendukung, pada Pemilu 2024. Politikus Partai Golkar ini pun mengajak alumni HMI agar kembali ke aktivitas masing-masing karena kontestasi telah usia.

Baca Juga :  KAHMI Kabupaten Tegal Diminta Wujudkan Misi Organisasi

“Ada saatnya berkontestasi, bersaing, dan ada saatnya bersatu atau bersanding lagi,” ujarnya saat memberikan sambutan dalam pembukaan Rapimnas I KAHMI.

Lebih jauh, Doli mengingatkan, tantangan ke depan kian berat. Karenanya, KAHMI harus berperan lebih maksimal.

Ketua Komisi II DPR ini lantas mencontohkan dengan berbagai program dan kebijakan KAHMI. Misalnya, membentuk Badan Penyelenggara Sertifikasi Halal (BPSH) KAHMI dan Lembaga Amil Zakat Infaq dan Shadaqah (LAZIS) KAHMI hingga mendirikan Universitas Insan Cita Indonesia (UICI).

Menurutnya, KAHMI juga dapat berperan lebih dengan mempromosikan kader ke berbagai bidang, termasuk kepemimpinan nasional dan profesi strategis lainnya. Ia menegaskan, KAHMI sangat fokus pada pengembangan dan penguatan kaderisasi di HMI.

Baca Juga :  Imam Mujahidin Dorong KAHMI "Menjahit Keberagaman"

Nobar film Lafran
Di sisi lain, Doli menyampaikan, KAHMI telah memproduksi film Lafran. Film biopik tersebut menceritakan tentang tokoh pendiri HMI, Lafran Pane.

Ia berharap film Lafran menjadi inspirasi bagi generasi muda dalam memperjuangkan kemajuan masyarakat Indonesia. Karenanya, agar perjuangan Lafran menginspirasi , akan diadakan nonton bareng (nobar) film Lafran di sela-sela rapimnas.

Kegiatan rencananya menghadirkan Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden RI 2024-2029 terpilih, Prabowo Subianto. Nobar akan digelar di Epicentrum XXI, Jakarta Selatan, pada Minggu (31/3).

“Lagi kita upayakan [nobar] sama Pak Prabowo kalau ada di Indonesia. [Pak Prabowo] kita ajak nonton sebagai Menhan karena ini film kepahlawanan. Kepahlawanan bukan untuk keluarga HMI-KAHMI, tapi untuk Indonesia,” jelas Doli.

Baca Juga :  DPR Minta Pelaksanaan PTM 100% Pedomani SKB 4 Menteri

Rapimnas I KAHMI dihadiri beberapa anggota presidium, seperti Abdullah Puteh, Romo Syafi’i, Zulfikar Arse, dan Muhammad Rifqinizamy. Selain itu, Ketua Dewan Penasihat KAHMI, Akbar Tanjung; pengurus Majelis Wilayah (MW); badan otonom; dan pengurus harian KAHMI.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.