in ,

Alhamdulillah, Polisi Bebaskan 3 Aktivis HMI yang Ditahan saat Aksi

Ketiga aktivis PB HMI yang sempat ditahan polisi saat aksi di depan Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (22/4) telah dibebaskan. Istimewa
Ketiga aktivis PB HMI yang sempat ditahan polisi saat aksi di depan Istana Negara, Jakarta, pada Jumat (22/4) telah dibebaskan. Istimewa

Kahminasional.com, Jakarta – Polisi akhirnya membebaskan ketiga aktivis Pengurus Besar Himpunan Mahasiswa Islam (PB HMI) yang sempat ditahankan saat menggelar aksi di depan Istana, Jakarta, pada Jumat (22/4).

Ketiganya dibebaskan pada hari ini (Sabtu, 23/4). Mereka adalah Ketua Bidang PTKP PB HMI, Akmal Fahmi; Andi Kurniawan; dan Imam.

“Alhamdulillah sahabat kita, tiga aktivis HMI yang ditahan saat aksi di Istana, Jumat kemarin, sudah dibebaskan,” ujar Ketua Komite I DPD RI, Fachrul Razi, dalam keterangannya.

Senator asal Aceh ini pun menyampaikan terima kasih atas doa dan dukungan semua pihak, khususnya kader dan simpatisan HMI se-Indonesia.

“Yang telah ikut serta memberikan dukungannya untuk menyuarakan keadilan atas penangkapan aktivis yang ditahan saat aksi menyuarakan keadilan menuntut pembelaan hak asasi manusia bagi kadernya yang diduga mendapatkan kriminalisasi hukum atas tuduhan sebagai pelaku begal.

Baca Juga :  HMI Hukum Unas Nilai Pemerintah Gagal Antisipasi Lonjakan Harga Bahan Pokok Imbas Pertamax

Sebelumnya, Fachrul menuntut Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo, membebaskan ketiga aktivis HMI yang ditahan saat menggelar unjuk rasa.

Salah satu alasannya, penangkapan itu menimbulkan keresahan di kalangan HMI, baik di Jakarta maupun seluruh Indonesia.

“Jangan gara-gara oknum polisi yang melakukan penangkapan akan berimbas masif di seluruh Indonesia, aktivis HMI akan melakukan aksi lanjutan. Ini akan merusak nama baik Kapolri Sigit yang selama ini dekat dengan mahasiswa,” tuturnya. “Saya minta segera dibebaskan.”

 

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.