in ,

Rakornas KAHMI Jadi Agenda Pertama Nasional di Kepri saat Pandemi

Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, membacakan sambutan dalam pembukaan Rakornas IV KAHMI di Kota Batam, Kepri, pada Jumat (25/2/2022). LMD MN KAHMI/Fatah Sidik
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad, membacakan sambutan dalam pembukaan Rakornas IV KAHMI di Kota Batam, Kepri, pada Jumat (25/2/2022). LMD MN KAHMI/Fatah Sidik

Kahminasional.com, Batam – Gubernur Kepulauan Riau (Kepri), Ansar Ahmad, berterima kasih kepada Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) yang memilih Kota Batam sebagai tuan rumah Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) IV.

Dirinya menyatakan demikian lantaran kegiatan akbar tersebut menjadi agenda berskala nasional pertama diadakan di Batam dalam dua tahun terakhir menyusul adanya pandemi.

“Terima kasih dan kami memberi penghargaan setinggi-tingginya kepada KAHMI yang telah menyelenggarakan kegiatan di Kepri,” katanya dalam sambutannya saat pembukaan Rakornas IV KAHMI di Swiss-belhotel, Jumat (25/2) malam.

“Hampir dua tahun kita tidak melaksanakan acara seperti ini karena situasi pandemi Covid-19. Tapi, alhamdulillah, atas izin Allah dan usaha kita, pandemi dapat kita kendalikan bersama,” sambung dia.

Ansar menambahkan, Kepri merupakan salah satu pintu gerbang Indonesia, terutama bagi negara-negara ASEAN. Alasannya, Kepri secara grografis berbatasan langsung dengan beberapa negara Asia Tenggara.

Seluas 96% dari total wilayah Kepri seluas 251.810.71 km persegi berupa perairan, sedangkan 4% lainnya daratan. Selain itu, memiliki 2.408 pulau yang tersebar di Selat Malaka, Selat Karimata, Selat Berhala, hingga Laut Natuna Utara.

Baca Juga :  Gaduh Akun Twitter PBNU, Apa Hikmahnya?

“Ada 22 pulau terluar tersebar hingga Natuna Utara dengan pulau berpenghuni 379 [pulau] dengan total penduduk 2.064.564 jiwa,” jelasnya.

Kepri, lanjut Ansar, terus berbenah guna meningkatkan pertumbuhan ekonomi. Ada dua pendekatan yang dilakukan, berbasis keunggulan dan regional, baik lima kabupaten maupun dua kota.

“Masing-masing [regional memiliki] karakter, potensi, peluang, dan tantangan berbeda-beda. Ini peluang sekaligus tantangan Kepri dengan menyinergikan dan membangun konektivitas semua kabupaten/kota,” tuturnya.

Ansar mengungkapkan, pertumbuhan ekonomi Kepri sempat terganggu saat awal pandemi. Ini terlihat dari konstraksi ekonomi secara kumulatif -3,8% pada 2020 dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ekonomi Kepri membaik pada 2021 karena secara kumulatif melejit naik 3,43%.

Merosotnya pertumbuhan ekonomi di Kepri dipengaruhi berkurangnya jumlah pelancong secara signifikan saat pandemi. Sebelum pagebluk, sekitar 2,8 juta wisatawan mancanegara (wisman) yang menyambangi Kepri.

Baca Juga :  KAHMI Sayangkan Stranas PK Hanya Soroti Kinerja Koperasi

“[Capaian itu menjadikan Kepri berada di] peringkat kedua terbanyak di Indonesia setelah Bali. Tapi, pada 2020, menjadi ratusan ribu orang saja [411.248 orang, red],” ucapnya. Jumlah kunjungan turun lebih tajam bahkan di bawah 5.000 wisman pada 2021.

Menurut Ansar, Kepri membutuhkan banyak investasi guna mengakselerasi capaian pertumbuhan ekonomi tersebut. Investasi yang dibutuhkan utamanya pembangunan infrastruktur ekonomi dan sosial masyarakat yang tersebar di seluruh wilayah.

“Seperti pelabuhan, bandara, jalan, sarana prasarana, dan teknologi informasi dalam rangka revolusi industri 4.0 dan society 5.0,” ucapnya.

Dicontohkannya dengan jembatan Batam-Bintan yang segera dibangun dan bakal berdampak luas. “Kita yakin [adanya jembatan ini] akan jadi episentrum baru dan memberikan multiplier effect bagi sosial, negara, bahkan menjadi prestise kebanggaan Indonesia di mata tetangga.”

Baca Juga :  Bupati Lebong Ajak KAHMI Berkolaborasi Majukan Daerah

Kepri lantas melakukan berbagai terobosan agar pertumbuhan ekonomi Kepri terus “menghijau”. Misalnya, memudahkan proses perizinan investasi, memberikan insentif dan stimulus usaha guna memantik semangat generani muda dalam berbisnis.

Selain itu, tambah Ansar, Kepri mengedepankan kolaborasi pentaheliks dalam memformulasikan kebijakan agar mendukung investasi dan sinkron sehingga bisa memberikan kepastian ekonomi dan investasi.

“Bersama Forkopimda, kita juga rutin berkoordinasi demi demi pertahanan dan keamanan sehingga memberikan jaminan investasi di Kepri,” ujarnya.

Lebih jauh, Ansar menerangkan, Kepri merupakan wilayah yang sebagian besar penduduknya adalah etnis Melayu. Namun, sangat terbuka karena menjadi wilayah perdagangan sejak zaman Kerajaan Riau-Linggau. “Tetapi, [kita] dapat hidup rukum bersama dan menjaga persatuan dan kesatuan bersama-sama.”

Dirinya pun berharap, KAHMI sebagai masyarakat intelektual dapat berkontribusi menjembatani kepentingan masyarakat Kepri dan Indonesia. “Semoga yang kita lakukan menjadi amal saleh bagi kita semua,” tutupnya.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.