in

DPR Segera Gelar Rapat Tentukan Jadwal Pemilu 2024

Anggota Presidium MN KAHMI 2017-2022 yang juga Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia. Dokumentasi DPR
Anggota Presidium MN KAHMI 2017-2022 yang juga Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia. Dokumentasi DPR

Kahminasional.com, Jakarta – Komisi II DPR segera menggelar rapat untuk menentukan jadwal Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Radapat dijadwalkan pada Januari 2022.

Ketua Komisi II DPR, Ahmad Doli Kurnia Tandjung, menyatakan, pihaknya hingga kini masih menunggu jadwal sesuai konfirmasi hasil konsolidasi Komisi Pemilihan Umum (KPU) dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Kita lagi mau agendakan satu minggu-dua minggu ke depan. Jadi, lagi menunggu jadwal,” ucapnya dalam keterangan tertulis.

“Tadi saya dapat konfirmasi teman-teman, KPU masih raker (rapat kerja) sampai tanggal 18 [Januari]. Nah, mereka minta supaya kalau bisa sesudah tanggal 18. Pak Menteri Dalam Negeri juga masih ada kegiatan di luar Jakarta. Mungkin minggu ketiga-minggu keempat di bulan inilah,” imbuhnya.

Baca Juga :  Tokoh KAHMI Sulsel Dipinang PPP

Anggota Presidium Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) ini menambahkan, mendapatkan informasi jika konsolidasi KPU dan Kemendagri telah selesai. Namun, dia masih menunggu kepastian dari hasil kesepakatan tersebut pada raker mendatang.

“Kita pesan agar pemerintah melakukan konsolidasi dengan penyelenggara, kemudian antar-penyelenggaranya juga mereka harus konsolidasi,” jelasnya.

Menurut Doli, seharusnya raker di tingkat pemerintah tentang jadwal Pemilu 2024 sudah rampung. Dengan demikian, bisa segera diputuskan.

“Ini time is up, ya. Kan, konsolidasi harus sudah selesai. Kalau kita mau mempersiapkan pemilu ini secara baik, memang saatnya sekarang harus kita putuskan,” ujar politikus Partai Golkar itu.

Jadwal pelaksananaan Pemilu 2024 belum diputuskan hingga kini lantaran terdapat perbedaan pendapat antara KPU dengan pemerintah. KPU menginginkan hari pemungutan suara dilaksanakan pada 21 Februari, sedangkan pemerintah ingin digelar usai 15 Mei.

Baca Juga :  PAN Mau Masa Kampanye Pemilu 2024 Selama 90 Hari

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.