in ,

KAHMI Jatim Salurkan Bantuan untuk Korban Erupsi Gunung Semeru

Koordinator Presidium KAHMI Jatim, Edi Purwanto (kanan), menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, pada Kamis (16/12/2021). Dokumentasi MW KAHMI Jatim
Koordinator Presidium KAHMI Jatim, Edi Purwanto (kanan), menyerahkan bantuan kepada korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim, pada Kamis (16/12/2021). Dokumentasi MW KAHMI Jatim

Kahminasional.com, Surabaya – Majelis Wilayah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam Jawa Timur (MW KAHMI Jatim) menyalurkan bantuan bagi korban erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jatim. Membantu pemulihan trauma dan mitigasi spiritual, salah satunya.

“Kami juga menurunkan psikolog ke lokasi pengungsian Semeru untuk pemulihan trauma para korban,” ucap Koordinator Presidium KAHMI Jatim, Edi Purwanto, di Kota Surabaya, Kamis (16/12).

Menurut pakar pertanian Universitas Brawijaya (Unibraw) Malang ini, pemulihan kondisi psikologis para pengungsi menjadi salah satu hal mendesak untuk ditangani selain pemenuhan kebutuhan fisik.

“Kami memberikan bantuan konsultasi dan pendampingan bagi pengungsi agar psikologis mereka lebih stabil, kemudian optimistis menghadapi masa depan,” jelasnya.

Baca Juga :  Wawako Pariaman Minta KAHMI Jaga Marwah Islam

Selain itu, KAHMI Jatim menyalurkan bantuan berupa sembako, tikar, selimut, alas tidur, pembalut, susu, makanan ringan, obat-obatan, vitamin, dan uang tunai. Pun mendistribusikan buku dan alat tulis untuk anak-anak sekolah.

“Kami juga memberikan bantuan personel untuk mengevakuasi warga yang masih bertahan di lokasi zona hitam dan merah. Ini untuk mengantisipasi adanya awan panas susulan dari Gunung Semeru yang sewaktu-waktu masih mengancam jiwa warga,” tuturnya.

Bantuan lainnya adalah pendampingan bagi warga dan pemerintah untuk pembuatan sumur guna memenuhi kebutuhan air bersih.

Kegiatan ini, melansir Antara, terselenggara berkat kerja sama dengan Majelis Daerah (MD) KAHMI Lumajang, HMI, dan Indonesia Care. Bantuan disalurkan kepada para korban di Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro.

Baca Juga :  Musda KAHMI HST Bakal Digelar 3 Maret

Sumber : Antara

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.