in ,

Dies Natalis ke-75 HMI, Koperti Fajar Gelar Lomba Penulisan Esai

Flyer lomba penulisan esai yang digelar HMI Koperti Fajar dalam rangka memeriahkan dies natalis ke-75 HMI. Dokumentasi Panitia Pelaksana
Flyer lomba penulisan esai yang digelar HMI Koperti Fajar dalam rangka memeriahkan dies natalis ke-75 HMI. Dokumentasi Panitia Pelaksana

Kahminasional.com, Makassar – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Komisariat Perguruan Tinggi Fajar (Koperti Fajar) mengadakan lomba penulisan esai.

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyemarakkan dies natalis ke-75 HMI.

Ketua panitia, Wahyu Dwi Anugrah, mengatakan, lomba ini digelar seiring dengan peluncuran media massa daring HMI Koperti Fajar, suarainsancita.com.

“Pendaftaran dibuka mulai tanggal 1-7 Februari 2022,” ucapnya dalam keterangan tertulis kepada Kahminasional.com, Minggu (30/1).

“Naskah yang masuk akan diperiksa oleh dewan juri tanggal 8 Februari dan pengumuman tanggal 9, saat launching media suarainsancita.com,” imbuhnya.

Lomba menulis esai ini terbuka untuk seluruh kader HMI. Para pemenang akan menerima berbagai hadiah menarik.

“Ada hadiah uang saku selain buku terbitan penerbit Subaltern dan e-sertifikat sebagai apresiasi pada pemenang,” jelas Wahyu.

Baca Juga :  Dies Natalis Ke-75 HMI, KAHMI Gelar Jalan Sehat Nasional

Para kader HMI yang ingin berpartisipasi diharuskan menginstal aplikasi Opinia, platform media sosial buatan Indonesia, di Play Store.

Selain itu, membuat akun Opinia dan mengirim tangkapan layar (screenshot) sebagai tanda bukti serta mengikuti (follow) akun Instagram @suarainsancitadotcom, @offical_opinia, @penerbit_subaltern, @hmikaderumat, dan @hmikopertifajar.

Kemudian, tulisan yang dikirim sesuai tema dan memuat maksimal 500 kata dan pilih jenis esai sesuai topik “Milad HMI ke-75 Tahun”. Karya yang dikirimkan harus orisinal.

Tulisan dikirim melalui surel ke alamat Kopertifajar@gmail.com dan mengonfirmasi kepada panitia. Subjek surel ditulis dengan format “Nama penulis_Asal Cabang_Judul Esai”.

Ketua Formatur terpilih HMI Koperti Fajar, Feri, berharap, kegiatan literasi menjadi tradisi baik pada momentum dies natalis HMI.

Baca Juga :  Ombudsman Akan Dalami Masalah Nelayan Sulit Akses BBM Bersubsidi

“Kami berupaya merespons momen milad dengan mengembalikan tradisi intelektual dan literasi di lingkungan ‘hijau hitam’,” katanya.

“Walaupun apresiasi yang diberikan panitia sangat kecil dan tidak terlalu besar, tapi kami berharap, kader tidak melihat itu. Tapi, semangat kecintaan terhadap himpunan disalurkan dengan tulisan hingga gagasan dan pikiran cerdas kader bisa terdokumentasi,” bebernya.

Feri lalu menyampaikan terima kasih kepada Opinia dan penerbit Subaltern atas dukungannya serta pihak-pihak lain yang turut membantu kegiatan, baik langsung maupun tidak langsung.

“Ayo, kita meriahkan milad HMI dengan ikut lomba esai ini,” tutupnya.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.