in ,

Sesalkan Pembakaran Ponpes Lombok Timur, KAHMI Imbau Semua Pihak Menahan Diri

Presidium Majelis Nasional KAHMI, Viva Yoga Mauladi. Dokumentasi DPR
Presidium Majelis Nasional KAHMI, Viva Yoga Mauladi. Dokumentasi DPR

Kahminasional.com, Jakarta – Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MN KAHMI) menyesalkan dan prihatin atas terjadinya pembakaran pondok pesantren (ponpes) di Kecamatan Aikmal, Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada Minggu (2/1).

Presidium MN KAHMI, Viva Yoga Mauladi, pun mengimbau seluruh elemen masyarakat menahan diri dengan tidak membuat hingga menyebar konten-konten provokatif dalam merespons insiden itu agar konflik tidak meluas.

“Kita menolak cara-cara kekerasan, pembakaran, atau bentuk teror lainnya dalam merespons perbedaan pendapat,” ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin (3/1).

Apalagi, menurutnya, masyarakat NTB dikenal religius, ramah, dan menjaga harmoni. “Itu terbukti dengan banyaknya wisatawan dari dalam maupun luar negeri ke NTB serta banyaknya produk-produk UMKM (usaha mikro, kecil, dan menengah) di NTB yang menarik.”

Baca Juga :  PAN soal Anggaran Pemilu 2024: Tidak Rasional

Yoga berpendapat, lebih baik saling menghormati budaya setempat, adat istiadat, dan sejarah masyarakat sebagai bagian dari kekayaan khasanah masyarakat.

“Mari kita terus mengedepankan pendekatan kekeluargaan. Islam adalah agama yang rahmat bagi seluruh alam. Indonesia juga negara yang dilahirkan untuk semua golongan,” tuturnya.

Dirinya juga mengimbau keluarga besar KAHMI dan HMI di NTB agar terus berkolaborasi dengan pemerintah setempat dan seluruh elemen masyarakat untuk NTB yang sama-sama kita cintai.

Yoga turut menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Provinsi NTB, Pemerintah Kabupaten Lombok Timur, dan seluruh elemen masyarakat yang tetap menjaga situasi kondusif.

“Mengingat potensi wisata dan ditambah Sirkuit Mandalika, NTB telah menjadi perhatian warga dunia, maka mari terus kita pertahankan rasa nyaman dan aman di NTB,” serunya.

Baca Juga :  Lebih dari 100 Orang Telah Mendaftar Jalan Sehat Nasional KAHMI-HMI

“Semoga Allah Swt senantiasa meridai apa yang kita lakukan,” tutup politikus PAN ini.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.