in ,

Awiek dinilai layak dampingi Risma maju Pilkada Jatim 2024

Kolase foto politikus PDIP, Tri Rismaharini (kiri), dan politikus PPP, Achmad Baidowi. Istimewa
Kolase foto politikus PDIP, Tri Rismaharini (kiri), dan politikus PPP, Achmad Baidowi. Istimewa

Jakarta, KAHMINasional.com – Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Achmad Baidowi, dinilai layak maju pada Pemilihan Kepala Daerah Jawa Timur (Pilkada Jatim) 2024. Ia bahkan layak diduetkan dengan politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Tri Rismaharini.

“Keduanya, menurut saya, pasangan yang cocok bahkan bisa menjadi pesaing ketat Khofifah pada Pilgub Jatim mendatang,” ucap pengamat politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ), Usni Hasanudin, saat dihubungi di Jakarta, Rabu (15/5).

Menurutnya, Awiek, sapaan Baidowi, memiliki kekuatan di Madura. Ini tecermin dari perolehan suaranya pada Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dan 2024.

“Awiek juga representasi tokoh muda. Nah, ini bisa melengkapi ceruk pemilih Risma jika keduanya nanti dipasangkan,” jelasnya.

Baca Juga :  Hetifah Apresiasi Kepemimpinan Airlangga sebagai Ketum PBWI

Sementara itu, Risma memiliki kekuatan di kelompok wong cilik sebagai representasi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Ia juga pernah menjabat Wali Kota Surabaya.

“Artinya, pasangan Risma dan Awiek memiliki kekuatan karena masing-masing mewakili ceruk pemilih yang berbeda. PPP dan PDIP juga demikian, keduanya akan merepresentasikan golongan nasionalis dan agamis,” tutur Usni.

Usni berpandangan, PDIP dan PPP memiliki hubungan yang baik. Keduanya bahkan berkoalisi pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

“Duet Risma dan Awiek bisa menjadi titik temu PDIP dan PPP, terutama pada Pilgub Jatim mendatang,” katanya.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.