in ,

Pilgub Jatim, dua kader KAHMI layak dampingi Khofifah

Kolase foto kader KAHMI, Achmad Baidowi alias Awiek (kiri) dan Sarmuji. Istimewa
Kolase foto kader KAHMI, Achmad Baidowi alias Awiek (kiri) dan Sarmuji. Istimewa

Jakarta, KAHMINasional.com – Dua kader Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI), Achmad Baidowi dan Sarmuji, dinilai layak menjadi pendamping Khofifah Indar Parawansa pada Pemilihan Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim) 2024.

“Pak Baidowi sebagai anggota DPR RI dari Jawa Timur sangat mengakar di Pulau Madura. Sehingga, berpotensi mempertebal kemenangan,” kata Manajer Program dan Riset Puspoll Indonesia, Luqmanul Hakim, kepada media.

“Sementara Pak Sarmuji sukses memimpin Golkar Jawa Timur pada pemilu legislatif (pileg) lalu. Hal tersebut tentu sangat menguntungkan buat Khofifah pada periode kedua dan sekaligus regenerasi kepemimpinan,” sambungnya.

Luqmanul melanjutkan, Khofifah harus didampingi anak muda yang memiliki basis suara kuat. Awiek, sapaan Baidowi, terbukti memiliki basis suara dari Pulau Madura menyusul perolehan suaranya paling tinggi dalam dua kali pemilu legislatif (pileg).

Baca Juga :  Siapa Layak Jadi Presidium KAHMI? Ini 3 Kriterianya Versi JK

“Khofifah, kan, pernah jadi kader PPP (Partai Persatuan Pembangunan) saat pemilu sebelum reformasi. Khofifah juga selama ini telah mendapat dukungan PPP dalam Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) Jatim,” jelasnya.

Diketahui, Awiek, yang merupakan pengurus PPP, menjadi salah satu calon anggota legislatif (caleg) dengan suara tertinggi pada Pileg 2024 dari daerah pemilihan (dapil) Jatim XI. Ia meraih 359.189 suara.

Sementara itu, Sarmuji dipercaya memimpin Partai Golkar Jatim. Eks Ketua Umum HMI Cabang Jember ini berhasil meningkatkan perolehan suara Golkar pada Pileg 2024.

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.