in ,

Bang Fauzi Minta Pemerintah Pastikan Mudik Lebaran Berjalan Aman dan Nyaman

Anggota Komisi V DPR, Muhammad Fauzi. Instagram/@muhammadfauzi.id
Anggota Komisi V DPR, Muhammad Fauzi. Instagram/@muhammadfauzi.id

Kahminasional.com, Makassar – Pemerintah diminta memastikan mudik Lebaran 2022 benar-benar berjalan aman dan nyaman bagi masyarakat.

Oleh karena itu, Anggota Komisi V DPR, Muhammad Fauzi, meminta seluruh sarana prasaran sejumlah rute mudik dipastikan kesiapannya sebelum dilintasi para pemudik.

Apalagi, Kementerian PUPR telah berjanji membenahi infrastruktur sebelum Idulfitri. Pernyataan disampaikan saat berdikusi di sela-sela reses Komisi V.

“Menteri PUPR menjanjikan satu pekan sebelum Lebaran, jalan yang dianggap sangat ekstrem sudah selesai diperbaiki,” ujarnya di Sekretariat Majelis Wilayah KAHMI Sulawesi Selatan (Sulsel), di Makassar, Jumat (22/4).

Bang Fauzi, sapaannya, menerangkan, masih banyak jalan berlubang di Tanah Air, seperti di trans-Sulawesi. Namun, pengerjaannya di Kabupaten Luwu Utara dan Luwu Timur sudah selesai.

Baca Juga :  Fauzi Kecam Menag Yaqut soal Aturan Volume Azan

“Di Sidrap juga sudah diperbaiki oleh provinsi. Jadi, memang dibutuhkan kolaborasi antara provinsi dan pusat,” jelas Presidium KAHMI Sulsel ini.

Selain itu, politikus Partai Golkar ini meminta Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memberikan atensi di jalan nontol saat arus mudik dan balik Lebaran.

“Khususnya, daerah yang masih kurang penduduknya karena sangat rawan jika ada masalah dengan orang atau kendaraannya,” jelasnya. “Setidaknya lampu penerangan jalan lebih diperhatikan.”

Di sisi lain, Fauzi mengimbau masyarakat tak menggunakan sepeda motor untuk mudik. Pangkalnya, paling berisiko saat dipakai untuk perjalanan jarak jauh.

Masyarakat pun diharapkan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) Covid-19 saat mudik, tiba di kampung halaman, hingga kembali.

Baca Juga :  DPR Ingatkan Pemda soal Penyelesaian Status Tenaga Honorer

Dia mengingatkan, melandainya laju penularan Covid-19 harus disyukuri dengan upaya-upaya mitigasi agar tidak kembali melonjak pasca-Lebaran.

Sumber : Ujungjari.com

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.