in ,

Truk-truk bantuan MER-C sukses tembus Gaza

Relawan MER-C menyalurkan bantuan kepada para pengungsi korban genosida Israel di Gaza, Palestina, pada Senin (26/2/2024) waktu setempat. Dokumentasi MER-C

Gaza, KAHMINasional.com – Sebagian truk-truk bantuan rakyat Indonesia melalui MER-C akhirnya berhasil masuk ke Jalur Gaza melalui perbatasan Rafah. Bantuan yang dikirimkan berisi tepung terigu dan paket makanan.

Sejak Israel melakukan genosida di Gaza, Palestina, MER-C setidaknya telah menyalurkan 3 tahap khusus bantuan yang dikirimkan dari Mesir.

“Bantuan MER-C dari Mesir sudah bisa masuk Jalur Gaza. Sampai hari ini, per tanggal Senin, 26 Februari 2024, sudah ada tiga tahap bantuan yang masuk,” kata seorang relawan MER-C di Gaza, Fikri Rofiul Haq, dalam keterangannya.

Fikri bersama relawan MER-C lainnya, Reza Aldilla Kurniawan, hingga kini berada di Gaza. Keduanya bersama tim mitra lokal dari Medics World Wide ikut menerima dan mendistribusikan langsung bantuan-bantuan tersebut kepada para korban kebengisan Israel.

Baca Juga :  Muswil, KAHMI DIY Akan Tawarkan GBPK kepada Peserta

Bantuan didistribusikan kepada korban di selatan dan tengah Gaza. MER-C berharap, truk-truk bantuan lainnya yang berisi paket bahan makanan, air minum, obat-obatan, dan alat kesehatan juga bisa segera masuk Gaza.

Bantuan MER-C yang tiba pertama di Gaza, Desember 2023 adalah 1.500 karung tepung terigu setara 1 kontainer penuh. Bantuan sudah dibagikan ke titik-titik pengungsian.

Kala itu, relawan MER-C belum bisa membagikan langsung karena situasi belum memungkinkan. “[Penyaluran] diteruskan oleh lembaga mitra lokal untuk membagikan bantuan MER-C yang tersisa karena serangan Israel masih mencekam,” jelas Fikri.

Bantuan tahap dua, berupa paket bahan makanan, memasuki Gaza pada 23 Februari 2024. Proses pembagian dapat langsung dipantau Relawan MER-C di Gaza bahkan turut berperan, khususnya di Kota Deir Balah pada Sabtu (24/2).

Baca Juga :  Koorpres Mau Kader KAHMI Jadi Pemimpin Masa Depan Indonesia

Tahap ketiga, MER-C kembali mengirimkan tepung terigu dan tiba di Gaza pada Minggu, (25/2). Bantuan disalurkan kepada pengungsi oleh relawan MER-C pada Senin (26/2).

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.