in ,

Perkuat Kapasitas Camat-Lurah, Pemkot Metro Hadirkan Manimbang sebagai Pemateri

Wali Kota Metro, dr. Wahdi Siradjuddin (tengah), memberikan sambutan dalam "Sosialisasi Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan" di Rumah Dinas Wali Kota Metro, Lampung, pada Kamis (14/4/2022). LMD MN KAHMI/Fatah Sidik
Wali Kota Metro, dr. Wahdi Siradjuddin (tengah), memberikan sambutan dalam "Sosialisasi Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan" di Rumah Dinas Wali Kota Metro, Lampung, pada Kamis (14/4/2022). LMD MN KAHMI/Fatah Sidik

Kahminasional.com, Metro – Pemerintah Kota (Pemkot) Metro, Lampung, mengadakan “Sosialisasi Penguatan Kapasitas Aparatur Kecamatan dan Kelurahan”. Acara diikuti lima camat dan 22 lurah setempat.

Kegiatan ini digelar di Rumah Dinas Wali Kota Metro, Kamis (14/4), dan menghadirkan Direktur Diklat LMPN Jakarta, Manimbang Kahariady.

Wali Kota Metro, dr. Wahdi Siradjuddin, berharap, kegiatan ini memperkuat kapasitas aparatur kecamatan dan kelurahan agar pembangunan daerah lebih baik ke depannya.

Penguatan tersebut, sambungnya, sesuai nilai AKHLAK guna mewujudkan visi misi pemerintah. AKHLAK adalah kependekan dari akuntabilitas, kompetensi, harmonisasi, loyalitas, adaptif, dan kolaboratif.

“Di bulan Ramadan ini seharusnya semua meningkat,” kata mantan Ketua Majelis Daerah Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (MD KAHMI) Kota Metro itu dalam sambutannya.

Baca Juga :  Rakornas IV KAHMI Hasilkan Dua Rekomendasi Strategis

Para camat dan lurah juga diharapkan makin memahami pentingnya sikap kepemimpinan dalam menjadi abdi negara. Dicontohkannya dengan ibu jari.

“Adakah yang kita pikirkan bahwa jempol hanya dua ruas, yang lainnya tiga ruas? Bagus sekali, tertata rapi,” ucapnya.

“Begitu digenggam, lihat jempol ini mengayomi. Inilah pemimpin kita. Dia di luar [posisinya dan menjangkau semua]. Yang lain hanya di samping saja,” imbuh dia.

Oleh karena itu, Wahdi meminta para camat dan lurah menyimak dengan baik-baik paparan Manimbang agar semakin termotivasi dalam bekerja sehingga pelayanan publik kian membaik.

“Beliau mempunyai kompetensi seperti keinginan kita, bagaimana kita memiliki core value. Sering saya sampaikan, core value bekerja dengan akuntabilitas, kompetensi, harmonisasi, loyalitas, adaptif, kolaboratif,” tandasnya.

Baca Juga :  Sekolah Politik KAHMI Lebak Cetak Pemimpin Berkualitas

Sumber :

Fatah S

Berkarier di industri media sejak 2010 dan menjadi penulis buku.