in

Wiku Adisasmito: Bagi yang Mau Mudik, disarankan Booster Dua Minggu Sebelumnya

Kahminasional.com, Jakarta – Juru Bicara Pemerintah untuk Penanganan COVID-19 Wiku Adisasmito, meminta masyarakat yang akan mudik untuk memenuhi dosis vaksinasi booster.

“Diimbau kepada masyarakat segera memenuhi dosis vaksinasi lengkap maupun booster sekurang-kurangnya dua minggu khususnya sebelum menjalankan kegiatan sosial berskala besar seperti mudik,” ujar Wiku sapaannya, dikutip dari Antaranews.com.

Menurut Wiku imunitas tidak bisa terbentuk secara instan.

Namun membutuhkan waktu satu hingga dua minggu setelah divaksin.

“Para ahli imunologi sepakat bahwa proses pembentukan antibodi dalam tubuh rata-rata memakan waktu satu sampai dua minggu setelah penyuntikan,” kata Wiku.

Wiku meminta masyarakat yang belum memenuhi dosis vaksin lengkap atau booster untuk segera melakukan vaksinasi.

Baca Juga :  M Subhan Ucapkan Selamat kepada KPU-Bawaslu RI Terpilih

“Fakta ini seharusnya dapat menjadi penyemangat kita untuk segera divaksin dosis penuh dan booster untuk semakin siap beraktivitas dalam kondisi sehat secara optimal,” tuturnya.

Selain itu, masyarakat juga diminta untuk selalu patuh menjalankan protokol kesehatan.

Masyarakat juga diminta untuk bersikap jujur dengan tidak bepergian jika sedang sakit.

Wiku juga meminta masyarakat untuk disiplin dalam mematuhi aturan yang ditetapkan oleh penyedia jasa layanan transportasi.

Pemerintah, menurutnya, akan terus melakukan penyesuaian kebijakan aturan perjalanan sesuai dengan perkembangan kasus COVID-19 di Indonesia.

Sumber : Antaranews.com