in

Pandangan SBY tentang Perang Rusia-Ukraina

Oleh: Susilo Bambang Yudhoyono, Presiden ke-6 RI

1.Tidak ada yang tahu pasti, seperti apa ujung dari perang yg tengah terjadi di Ukraina. Juga tidak mudah diprediksi apakah perang segera berakhir atau justru menjadi perang berlarut.

2.Memang benar perang adalah kelanjutan dari politik dengan cara lain. Tetapi, setiap perang, betapapun dahsyatnya, selalu terbuka peluang (window of opportunity) untuk diakhiri secara politik. Semoga terbuka peluang itu.

3.Namun, seberapa panas & eskalatifnya geopolitik di kawasan Eropa, ada 2 hal besar yg bersifat “NO GO”. Pertama, jangan sampai perang ini mengarah ke “peperangan dunia”. Kedua, jangan pernah berpikir dan berniat untuk gunakan senjata nuklir, dari pihak manapun.

Baca Juga :  Darurat Adab

4.Hingga saat ini, dunia berhasil untuk mencegah terjadinya “2 No Go” tersebut ~ Perang Nuklir dan Perang Dunia Ke-3. Jangan sampai upaya besar selama 70 tahun lebih ini sia-sia belaka. Mari cegah kehancuran kehidupan di muka bumi kita.

5.Para pemimpin dunia, terutama para pemimpin politik harus “do something” untuk mencegah “2 No Go” tersebut. Ini sudah “beyond politics”, tetapi sudah kewajiban moral tertinggi. Pembiaran bukan lah opsi yang bisa diterima.

6.Bangsa-bangsa sedunia juga harus bersuara dan mendukung para pemimpin mereka untuk “bersatu” dan mencegah terjadinya malapetaka besar yang tak pernah kita bayangkan bersama.

Sumber : Akun Twitter @SBYYudhoyono